Sindrom Tugas Akhir (Skripsi)

Sebentar lagi saya akan mengikuti Ujian Komperensif, ujian yang saya pilih ketimbang buat T.A (tugas Akhir) karena dari pengalaman teman-teman saya yang sudah ujian Komperensif. Ujian soal hanya 24 soal untuk 2 materi kuliah unggulan. dalam waktu 45 menit.


Diri ini tambah ziper (bahasa saya) alias lemah lunglai waktu lihat video sidang skripsi di youtube, entah punya siapa. Dosen wanitanya itu bener-bener menekan  si mahasiswa, sementara mahasiswanya angguk-angguk. beuh...tiba-tiba jadi ikut nervous sendiri (untuk yang sudah sidang, selamat ya. kini giliran saya yang merasakan efeknya).

Gak tau kenapa saya ketakutan buat paper ilmiah, takut gak seperti yang diinginkan pebimbing, takut salah ngomong, takut gak bisa mempertanggung jawabkan antara isi dengan penjelasan nya, dll. padahal waktu masih aktif kuliah. kalau ada tugas penelitian yang ujung-ujungnya presentasi. saya paling getollll. dari bentuk kelompok, susun jadwal kerja kelompok, menentukan si ini kerjain apa si itu kerjain apa, patungan untuk biaya-biaya berapa, sampai menentukan presentasi Slide 1-5 siapa, Slide 6-9 siapa, sampai isi paper itu 90% dari saya (maaf bukan maksud nyindir, atau menyombong) dll.


Tapi sekarang untuk masa depan nan cerah indah gemilang diri sendiri saja, malah ketakutan sendiri buat paper ilmiah. kepala sampai sakit (padahal gak sakit kepala) waktu menimbang-nimbang Buat T.A (paper ilmiah) atau Ujian Komperensif. sedangakan pacar saya sudah anteng dengan pilihannya yaitu ujian komperensif. gak pakai nimbang-nimbang lagi, mikir-mikir lagi, dan pusing-pusing lagi.



Dan menurut saya untuk Ujian komperensif hal - hal yang harus dilakukan adalah ;

-Niat and Serius (Lupakan yang gak penting-penting)

-Selalu jaga kesehatan (kalau perlu minum vitamin)

-Hafal materi dengan perlahan

-Jangan SKS (sistem kebut semalam)

-Latihan tanya jawab dengan teman, atau saudara kamu

-Datanglah 1 Jam sebelum Ujian dimulai agar masih ada kesempatan untuk membaca materi sebelum sidang.

-Buatlah sesantai mungkin wajah dan perasaan ketika menghadapi soal ujian komperensif (Ini yang  sulit) 

Oke, Saya akan Laksanakan Tips dari diri saya sendiri...Bismillah...Doakan Saya yah Lulus Ujian. Saya pingin Wisuda Tahun ini. Amien.



0 sambutan...: